TUGAS KEWIRAUSAHAAN
LAPORAN HASIL PENJUALAN
PRODUK
SHORT
SOCKS VIA WEBSITE
Disusun oleh:
1.
Agnes
Berta Nasmety 17.0656
2.
Priskila
Novinda 17.0660
3.
Devi
Regrilia Wati 17.0683
4.
Yulia
Mega Rachmasari 17.0692
5.
Siti
Sholihatun Nikmah 17.0693
PROGRAM
STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK
KATOLIK MANGUNWIJAYA
SEMARANG
2019
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat yang dilimpahkan-Nya
sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan hasil penjualan short socks (kaos kaki pendek) via website.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih
banyak terdapat kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, hal ini
dikarenakan keterbatasan kemampuan yang penulis miliki. Atas segala kekurangan
dan ketidaksempurnaan makalah ini, penulis sangat mengharapkan masukan, kritik
dan saran yang bersifat membangun kearah perbaikan dan penyempurnaan laporan
ini.
Akhir kata
penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semua
pihak.
Semarang,
17 Desember 2019
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan dijadikan
dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Wirausahawan
adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam
berbagai kesempatan. Berbicara masalah kewirausahaan, seringkali orang menjadi
berhasil. Ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya disbanding faktor modal
yaitu ide/gagasan tersebut dikembangkan, maka akan mendorong seseorang untuk
merealisasikan jiwa dan ide entrepreneur dalam
mata kuliah kewirausahaan.
Dalam menghadapi tantangan bisnis
termasuk costumer, maka sebagai
mahasiswa juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk
memenuhi mata kuliah kewirausahaan, kami melakukan sebuah usaha sederhana untuk
mendapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan
merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami
untuk masa yang akan datang. Usaha yang kami jalankan adalah menjual produk short socks (kaos kaki pendek) secara online melalui website.
Kaos kaki merupakan salah
satu aksesoris pakain untuk kaki yang berfungsi untuk melindungi kaki dari
lecet, menghangatkan kaki, serta menyerap keringat berlebih pada kaki. Saat
ini, orang tidak hanya melihat kaos kaki sebagai kebutuhan, tetapi juga
memanfaatkan aspek keindahannya untuk melengkapi penampilan. Dengan melihat
kebutuhan akan kaos kaki yang telah menjadi salah satu kebutuhan manusia, maka
produksi dan pemasaran produk kaos kaki ini menjadi salah satu usaha yang
potensial dalam menghasilkan keuntungan.
B. Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini antara lain :
1. Melatih diri dalam
menumbuhkan jiwa entrepreneur
2. Belajar
berwirausaha
3. Memanfaatkan
peluang yang ada
4. Memenuhi tugas
kewirausahaan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis
SWOT
1. Strength (Kekuatan)
-
Harga ekonomis
-
Produk nyaman digunakan
-
Pemesanan dan pengiriman yang cepat dan mudah
2. Weakness (Kelemahan)
-
Pesaing yang banyak
-
Kompetitor di market
offline
-
Model ditentukan oleh pabrik pembuat
3. Opportunities (Peluang)
-
Kebutuhan short
socks semakin meningkat
-
Produk dibutuhkan oleh semua orang
-
Produk dapat dijangkau oleh semua kalangan
4. Threats (Ancaman)
-
Harga jual pesaing yang lebih murah
-
Persaingan dari kompetitor yang sudah terkenal
B. Deskripsi
Produk
ü
Kaos kaki pendek polos warna
ü
Bahan cotton, tebal, tidak panas
ü
Ukuran all size
remaja dan dewasa
ü
Panjang semata kaki
C. Aspek
Pemasaran
1.
Penetapan
Harga Jual
Harga
adalah jumlah nilai uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi
dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami jalankan, kami menggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik
penentuan harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing. Kami
memberikan harga promo Rp 5.000,00/pcs selama 3 hari, dengan harga normal
setelahnya Rp 7.000,00.
No.
|
Rincian
|
Harga
Jual/Unit
|
Laba/Unit
|
1.
|
Short
Socks
|
Rp 5.000,00
|
Rp 1.250,00
|
2.
Promosi
Sebelum produk dapat dibeli oleh banyak konsumen,
maka produk perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dengan cara promosi.
Terdapat 4 jenis promosi yaitu publisity
(publisitas), sales promotion, personal selling dan public relation. Kami menggunakan
strategi publisitas dan personal selling.
Publisitas merupakan suatu bentuk promosi non personal dengan cara mengulas
informasi tentang suatu usaha. Publisitas dilakukan dengan penempatan berupa
artikel, tulisan, foto, atau tayangan visual yang bertujuan untuk memusatkan
perhatian. Publisitas yang kami lakukan adalah melalui story Whatsapp dan Instagram,
dengan harapan banyak orang-orang akan melihat dan tertarik untuk
membelinya. Bentuk promosi yang kedua yaitu personal
selling. Personal selling yaitu
kegiatan menawarkan barang langsung kepada calon pembeli. Dasar dari pemikiran
metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan
komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Kami tidak henti-hentinya
mencari dan mengejar konsumen baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.
3.
Distribusi
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu penjualan online melalui website dengan pemesanan melalui contact whatsapp. Nama website penjualan produk kami adalah socksforyou5.blogspot.com.
Setiap konsumen yang ingin memesan produk short
socks dapat menghubungi langsung contact
person yang tertera pada keterangan blog. Pihak penanggungjawab pesanan (contact person pada blog) merekap data
pesanan dan kemudian menghubungi penanggungjawab stok barang untuk disiapkan
dan dikemas. Pengiriman dilakukan dengan cara COD (Cash on Delivery) area Semarang.
Kelebihan
menggunakan website sebagai market place :
1. Jangkauan pasar
sangat luas, karena pengguna internet begitu banyak, tentu saja peluang
bisnisnya akan semakin meningkat.
2. Bisa diakses
oleh siapa aja, dimana saja dan kapan saja.
3. Akses informasi
yang sangat mudah.
Kekurangan menggunakan website sebagai market place
:
1. Susah untuk
mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena tidak bertemu langsung.
2. Kalah saing
dengan market place yang lebih
menarik dan mudah.
3. Konsumen lebih
meminati market place dengan proses
yang cepat seperti langsung berkomunikasi dengan penjual, tanpa harus melewati
banyak proses.
D. Laporan
Hasil Penjualan
1.
Modal = Rp 143.000,00
a. Kaos kaki
-
1 lusin = 12 pasang @45.000
-
3 lusin = 36 pasang = 135.000
b. Plastik = 8.000
2.
Hasil Penjualan
Penjualan
ke-
|
Jumlah
|
Harga
Barang
|
Harga
Jual
|
Laba
|
1
|
2 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
2.500
|
2
|
2 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
2.500
|
3
|
2 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
2.500
|
4
|
3 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
3.750
|
5
|
4 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
5.000
|
6
|
1 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
1.250
|
7
|
1 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
1.250
|
8
|
2 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
2.500
|
9
|
2 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
2.500
|
10
|
3 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
3.750
|
11
|
1 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
1.250
|
12
|
4 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
5.000
|
13
|
4 psg
|
3.750/pcs
|
5.000/pcs
|
5.000
|
TOTAL PENJUALAN
|
31 psg
|
|||
TOTAL LABA BERSIH
|
38.750
|
BAB III
PENUTUP
Demikianlah laporan yang
kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca.
Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat
yang kurang jelas, dimengerti dan lugas. Kami juga sangat mengharapkan saran
dan kritik dari demi kesempurnaan laporan ini. Akhir penulisan dari laporan
ini, kami ucapkan terimakasih.
LAMPIRAN
Lampiran 1. Website Penjualan
Produk
Lampiran 2. Produk
Lampiran 3. Beberapa contoh testimoni
Komentar
Posting Komentar