Langsung ke konten utama

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
LAPORAN HASIL PENJUALAN PRODUK
SHORT SOCKS VIA WEBSITE


Disusun oleh:
               1.      Agnes Berta Nasmety        17.0656
               2.      Priskila Novinda                 17.0660
               3.      Devi Regrilia Wati              17.0683
               4.      Yulia Mega Rachmasari     17.0692
               5.      Siti Sholihatun Nikmah      17.0693


PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA FARMASI
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
SEMARANG
2019




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat yang dilimpahkan-Nya sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan hasil penjualan short socks (kaos kaki pendek) via website.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan yang penulis miliki. Atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan makalah ini, penulis sangat mengharapkan masukan, kritik dan saran yang bersifat membangun kearah perbaikan dan penyempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak.










Semarang, 17 Desember 2019

 Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Wirausahawan adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berbicara masalah kewirausahaan, seringkali orang menjadi berhasil. Ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya disbanding faktor modal yaitu ide/gagasan tersebut dikembangkan, maka akan mendorong seseorang untuk merealisasikan jiwa dan ide entrepreneur dalam mata kuliah kewirausahaan.
            Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk costumer, maka sebagai mahasiswa juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah kewirausahaan, kami melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. Usaha yang kami jalankan adalah menjual produk short socks (kaos kaki pendek) secara online melalui website.
            Kaos kaki merupakan salah satu aksesoris pakain untuk kaki yang berfungsi untuk melindungi kaki dari lecet, menghangatkan kaki, serta menyerap keringat berlebih pada kaki. Saat ini, orang tidak hanya melihat kaos kaki sebagai kebutuhan, tetapi juga memanfaatkan aspek keindahannya untuk melengkapi penampilan. Dengan melihat kebutuhan akan kaos kaki yang telah menjadi salah satu kebutuhan manusia, maka produksi dan pemasaran produk kaos kaki ini menjadi salah satu usaha yang potensial dalam menghasilkan keuntungan.


B.     Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini antara lain :
1.    Melatih diri dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur
2.    Belajar berwirausaha
3.    Memanfaatkan peluang yang ada
4.    Memenuhi tugas kewirausahaan

















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Analisis SWOT
1.      Strength (Kekuatan)
-          Harga ekonomis
-          Produk nyaman digunakan
-          Pemesanan dan pengiriman yang cepat dan mudah
2.      Weakness (Kelemahan)
-          Pesaing yang banyak
-          Kompetitor di market offline
-          Model ditentukan oleh pabrik pembuat
3.      Opportunities (Peluang)
-          Kebutuhan short socks semakin meningkat
-          Produk dibutuhkan oleh semua orang
-          Produk dapat dijangkau oleh semua kalangan
4.      Threats (Ancaman)
-          Harga jual pesaing yang lebih murah
-          Persaingan dari kompetitor yang sudah terkenal







B.     Deskripsi Produk
ü  Kaos kaki pendek polos warna
ü  Bahan cotton, tebal, tidak panas
ü  Ukuran all size remaja dan dewasa
ü  Panjang semata kaki
C.    Aspek Pemasaran
1.      Penetapan Harga Jual
        Harga adalah jumlah nilai uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya. Dalam usaha yang kami jalankan, kami menggunakan teknik follow the leader pricing yaitu teknik penentuan harga dengan cara mengamati berbagai kebijakan harga pesaing. Kami memberikan harga promo Rp 5.000,00/pcs selama 3 hari, dengan harga normal setelahnya Rp 7.000,00.
No.
Rincian
Harga Jual/Unit
Laba/Unit
1.
Short Socks
Rp 5.000,00
Rp 1.250,00


2.      Promosi
Sebelum produk dapat dibeli oleh banyak konsumen, maka produk perlu diketahui secara luas terlebih dahulu dengan cara promosi. Terdapat 4 jenis promosi yaitu publisity (publisitas), sales promotion, personal selling dan public relation. Kami menggunakan strategi publisitas dan personal selling. Publisitas merupakan suatu bentuk promosi non personal dengan cara mengulas informasi tentang suatu usaha. Publisitas dilakukan dengan penempatan berupa artikel, tulisan, foto, atau tayangan visual yang bertujuan untuk memusatkan perhatian. Publisitas yang kami lakukan adalah melalui story Whatsapp dan Instagram, dengan harapan banyak orang-orang akan melihat dan tertarik untuk membelinya. Bentuk promosi yang kedua yaitu personal selling. Personal selling yaitu kegiatan menawarkan barang langsung kepada calon pembeli. Dasar dari pemikiran metode ini adalah bahwa inti dari kegiatan promosi yaitu komunikasi, sedangkan komunikasi yang terbaik adalah komunikasi langsung. Kami tidak henti-hentinya mencari dan mengejar konsumen baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.
3.      Distribusi
Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu penjualan online melalui website dengan pemesanan melalui contact whatsapp. Nama website penjualan produk kami adalah socksforyou5.blogspot.com. Setiap konsumen yang ingin memesan produk short socks dapat menghubungi langsung contact person yang tertera pada keterangan blog. Pihak penanggungjawab pesanan (contact person pada blog) merekap data pesanan dan kemudian menghubungi penanggungjawab stok barang untuk disiapkan dan dikemas. Pengiriman dilakukan dengan cara COD (Cash on Delivery) area Semarang.
Kelebihan menggunakan website sebagai market place :
1.    Jangkauan pasar sangat luas, karena pengguna internet begitu banyak, tentu saja peluang bisnisnya akan semakin meningkat.
2.   Bisa diakses oleh siapa aja, dimana saja dan kapan saja.
3.   Akses informasi yang sangat mudah.

Kekurangan menggunakan website sebagai market place :
1.    Susah untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena tidak bertemu langsung.
2.    Kalah saing dengan market place yang lebih menarik dan mudah.
3.    Konsumen lebih meminati market place dengan proses yang cepat seperti langsung berkomunikasi dengan penjual, tanpa harus melewati banyak proses.

D.    Laporan Hasil Penjualan
1.      Modal     =    Rp 143.000,00
a.       Kaos kaki
-          1 lusin = 12 pasang @45.000
-          3 lusin = 36 pasang = 135.000
b.      Plastik       = 8.000




2.      Hasil Penjualan
Penjualan ke-
Jumlah
Harga Barang
Harga Jual
Laba
1
2 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
2.500
2
2 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
2.500
3
2 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
2.500
4
3 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
3.750
5
4 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
5.000
6
1 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
1.250
7
1 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
1.250
8
2 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
2.500
9
2 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
2.500
10
3 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
3.750
11
1 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
1.250
12
4 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
5.000
13
4 psg
3.750/pcs
5.000/pcs
5.000
TOTAL PENJUALAN
31 psg
TOTAL LABA BERSIH
38.750







BAB III
PENUTUP
Demikianlah laporan yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti dan lugas. Kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari demi kesempurnaan laporan ini. Akhir penulisan dari laporan ini, kami ucapkan terimakasih.















LAMPIRAN
Lampiran 1. Website Penjualan Produk
Lampiran 2. Produk
Lampiran 3. Beberapa contoh testimoni
           
         









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalium Diklofenak

H ai gaes ✋ Aku mau ngenalin atau mau ngasih tau tentang obat ini gaes. Pasti sudah banyak yang tau kan, udah pada tidak asing lagi dengan obat ini??? Yuuuuups benar, obat ini adalah Kalium Diklofenak.  KALIUM DIKLOFENAK adalah obat anti nyeri golongan OAINS (obat anti inflamasi non steroid) untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang. Obat ini hanya di gunakan jangka pendek untuk meringankan nyeri akibat radang sendi, pengapuran tulang, sakit gigi, kram menstruasi.  Bahkan ada sumber yang mengatakan bisa mengatasi nyeri berat. Efek ini diperantarai oleh penghambatan biosintesa prostaglandin yang merupakan zat penyebab munculnya respon peradangan dan rasa sakit pada tubuh. Indikasi Kalium Diklofenak Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa obat ini efektif meredakan rasa sakit ringan hingga sedang terutama pada kasus-kasus berikut ini: Rasa sakit yang timbul akibat cedera atau trauma, seperti terbentur, terkilir, terpukul, memar,  patah tulang , dan sebagainya. Peradangan p

My Favorite Cartoon

My Favorite Cartoon

Lor Distance Relationship

  LDR ... Sedikit cerita nih gaess :') Why choose this song "Indah Pada Waktunya" dari Rizky Febrian??? Because dalam lagu ini mencerikan tentang kisah seseorang LDR dan ceritanya seperti kisah cinta aku hehehe :') Sekarang aku sedang menjalin hubungan dengan seseorang nan jauh disana. Dia sedang merantau di luar Pulau Jawa tempatnya di Balikpapan untuk bekerja, terkadang kita berdua sulit sekali untuk bertemu walaupun dia sudah balik ke Jawa karena dia kalau dijawa selalu sibuk dengan pekerjaannya dirumah yang katanya membantu orangtuanya ngarit dan entah apalah itu. Ya aku percaya aja sih, dan akunya disini juga sibuk dengan kuliah dan pekerjaan aku jadinya kita susah untuk dipertemukan huhu :'( Maupun dia balik ke Jawapun kita juga tetep LDRan kok, karena rumah dia di Bedono Ambarawa dan aku di Semarang kota. Jauh bangetkan..... Untungnya aku punya saudara di daerah Jambu Ambarawa jadi kita kalau ketemu di rumah pa